Belajar....Berlatih...Amalkan...!!!

Belajar....Berlatih...Amalkan...!!!
Kobarkan Semangat Berlatih WUJUDKAN UNTUK BERKARYA...BERBAKTI...DAN BERPRESTASI

Sabtu, 15 Januari 2011

SELAYANG PANDANGPALANG MERAH REMAJA DELLAS

(PMR UNIT SMP NEGERI 18 BOGOR)


Palang Merah Remaja (PMR) adalah suatu bagian dari Palang Merah Indonesia yang angota-anggotanya dididik menjadi insan yang berguna bagi sesama umat manusia, membantu melaksanakan tugas kepalang merahan, meningkatkan ketrampilan dan diharapkan kelak menjadi insan yang berguna bagi sesama umat manusia dan diharapkan kelak dapat menjadi anggota Palang Merah yang baik, sangatlah tepat PMR mendapat sebutan RELAWAN MASA DEPAN.



Palang Merah Remaja Unit SMP Negeri 18 Bogor, merupakan bagian dari Palang Merah Remaja (PMR) di Kota Bogor dan merupakan kegiatan ekstrakurikuler yang berada di lingkungan SMP Negeri 18 Bogor yang bertujuan untuk mendidik siswa dengan kegiatan-kegiatan Kepalang Merahan.



Sejarah Terbentuknya PMR Unit SMP Negeri 18 Bogor

Palang Merah Remaja (PMR) Unit SMP Negeri 18 Bogor, dirintis dan didirikan oleh Bapak Rudi Komarudin S.Pd, yang saat itu termasuk salah satu guru SMP Negeri 18 Bogor yang mulai bertugas tahun 2004. Beliau yang memiliki latar belakang Ke Palang Merahan merasa terpanggil untuk memulai kegiatan PMR di tempat tugasnya yang baru. Kemudian mengajukan usulan kepada kepala SMP Negeri 18 Bogor yang saat itu di jabat oleh Bpk. Drs. Endang Kusnadi, ternyata mendapat respon yang positif bahkan mendukungnya. Kepala Sekolah menugaskan Bpk Rudi Komarudin, S.Pd sebagai Pembina sekaligus sebagai Pelatih Palang Merah Remaja (PMR) Unit SMP Negeri 18 Bogor, maka sejak itulah di mulai adanya kegiatan Palang Merah Remaja (PMR) di SMP Negeri 18 Bogor.



Sebagai orang yang sudah berpengalaman dalam merintis mendirian PMR di Sekolah-sekolah, sehingga bukanlah hal yang sulit mendirikan dan merintis PMR di SMP Negeri 18 Bogor. Maka memasuki tahun ajaran baru (2005-2006). Di mulai dengan kegiatan Orientasi PMR I, Perekrutan calon anggota, dan Pendidikan & Latihan Dasar (DIKLATSAR) PMR I, Sardinia I dan puncaknya pada kegiatan Siamo Tutti Frateli I.
Siammo Tutti Frateli merupakan salah satu program kegiatan PMR Unit SMP Negeri 18 Bogor yang diselenggarakan satu kali dalam setahun. Nama program tersebut diberi nama Siammo Tutti Frateli, diambil dari kata-kata yang di ucapkan Bapak Palang Merah Sedunia yakni Jean Hendry Dunant sewaktu terjadi perang di Solferino yang artinya ” Kita semua saudara”.


Peristiwa perang di Solferino merupakan suatu peristiwa yang mengilhami Jean Hendry Dunant untuk mendirikan suatu organisasi kemanusiaan yang sekarang dikenal dengan nama Palang Merah.
Demikian juga dengan Program kegiatan PMR Unit SMP Negeri 18 Bogor Siammo Tutti Frateli dimulainya berdiri organisasi Palang Merah Remaja Unit SMP Negeri 18 Bogor, tepatnya saat pelaksaan kegiatan Siammo Tutti Frateli I yang diselengarakan pada tanggal 28 November 2005.



Kegiatan Siammo Tutti Frateli merupakan rangkaian kegiatan akhir Pendidikan dan latihan dasar (DIKLATSAR) PMR bagi Pra calon dan calon anggota PMR di SMP Negeri 18 Bogor. Dengan ditandai pelantikan bagi anggota PMR baru, Serah terima jabatan pengurus lama ke pengurus baru dan pelantikan Dewan Kerja Unit (DKU) PMR baru, serta peringatan hari ulang tahun PMR UNIT SMP Negeri 18 Bogor.
Hari Jadi atau lahirnya PMR Unit SMP Negeri 18 Bogor adalah 28 November, bertepatan dengan kegiatan Siammo Tutti Frateli yang pertama yaitu 28 November 2005. Mendapatkan pengakuan dan pengesahannya oleh PMI Cabang Kota Bogor pada bulan Januari 2006 berdasarkan Surat Keputusan Nomor 107/07/PMR/14/2006.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar