Sebelum kita bahas tenteng Dapur Umum ( DU ) PMI terlebih dahulu kita harus ketahui sebab-sebab kita harus mendirikan Dapur.Dapur Umum didirikan apabila terjadi bencana yang dapat mengakibatkan:
1. Mengakibatkan penderitaan manusia
2. Mengganggu aktivitas
3. Menimbulkan kerusakan harta benda , alam beserta lingkungannya
4. Menghambat roda pembangunan
Karena terjadi bencana tersebut maka PMI akan melaksanakan Penanggulangan Korban Bencana yang bertujuan untuk:
1. Meringankan penderitaan
2. Mengatasi Kebutuhan Primer
* Perlindungan
* Sandang
* Pangan
* Papan
* Kesehatan
Supaya terpenuhinya kebutuhan tersebut terutama dibidang pangan maka PMI mendirikan DAPUR UMUM yang bertujuan :
1. Menyediakan makanan sederhana & layak , higienis , cukup bergizi
2. Dapat didistribusikan dalam waktu yang cepat dan tepat
Dalam 1 tim DU Terdiri dari anggota yaitu:
KETUA REGU
* Mengatur pembagian tugas anggota , membimbing dan bertanggungjawab atas kelancaran tugas pelaksanaan dapur umum
* Bertanggung jawab secara langsung pada ketua tim Pengurus Cabang melalui ketua kelompok bila ada
WAKIL KETUA REGU
* Mewakili ketua regu bila ketua berhalangan
* Bertanggungjawab atas pelayanan makanan & memelihara ketertiban serta kebersihan lingkungan wilayah kerja
PENANGGUNGJAWAB TATA USAHA
* Membuat daftar nama , alamat rumah , tanggal lahir , jenis kelamin dan pekerjaan korban bencanaAdministrasi penerima / pengeluaran bahan keperluan dapur umumdan peralatan / perlengkapan
* Melaksanakan pembukuan keuanganPembuatan / menyusun laporan
PENANGGUNGJAWAB PERALATAN / PERLENGKAPAN
* Menyiapkan dan melengkapi peralatan DU
* Pengadaan bahan untuk keperluan DU
* Mengatur penyimpanan logistik bahan kebutuhan dan perlengkapan DU
* Membuat daftar inventaris peralatan & perlengkapan
* Bertanggungjawab penerimaan dan pengeluaran logistik
PENANGGUNGJAWAB MEMASAK
* Mengelola bahan masakan hingga siap didistribusikan
* Memelihara ketepatan waktu makanDengan bantuan tenaga lokal menentukan menu makanan setiap hari sesuai selera yang membutuhkan ( para korban )
PETUGAS PENDISTRIBUSIAN
* Melaksanakan pembagian makan sesuai jumlah dengan cara yang baik dan tertib
PERALATAN & PERLENGKAPAN DU
Penyelenggaraan dapur umum dapat melayani korban ratusan atau ribuan orang dalam waktu yang tepat serta memenuhi gizi standar. Untuk melayani s/d 500 orang diperlukan 1 ( satu ) unit peralatan DU yang terdiri dari :
PERALATAN POKOK
* Langseng ukuran 25 kg……………….2 bh
* Drum air ukuran 50 liter………………..2 bh
* Panci ukuran besar …………………….2 bh
* Wajan ukuran besar ……………………2 bh
* Serok ……………………………………..1 bh
* Susuk Wajan ……………………………….2 bh
* Sendok Nasi ………………………………..2 bh
* Sendok Sayur ………………………………2 bh
* Tempat nasi ………………………………..2 bh
* Ceret/Teko besar …………………………3 bh
* Baskom besar ………………………………3 bh
* Baskom kecil ……………………………….3 bh
PERALATAN PENUNJANG
* Ember plastik pakai tutup…………… 2 bh
* Ember plastik biasa …………………….. 3 bh
* Gayung air dari plastik ………………… 2 bh
* Cobek batu ………………………………….. 2 bh
* Pisau dapu …………………………………… 3 bh
* Golok …………………………………………… 1 bh
* Talenan ………………………………………. 2 bh
* Ayakan ……………………………………….. 2 bh
* Drum air sedang ………………………… 1 bh
* Meja …………………………………………… 2 bh
* Tikar ………………………………………….. 5 bh
* Tampah ……………………………………… 1 bh
* Tempat sampah …………………………. 2 bh
* Pembungkus nasi dan air minum secukupnya
LOKASI
Lokasi untuk Du diupayakan :
* Letak dapur umum supaya dekat dengan posko dan mudah dicapai/dikunjungi korban
* Higienis lingkungan cukup memadai
* Aman dari bencana
* Dekat dengan transportasi umum
* Dekat dengan sumber air
* Bangunan darurat kuat seperti Rumah atau Tenda regu / tenda peleton
CONTOH DAFTAR MENU
Hari 1
Pagi : Nasi, Tempe goreng, Urap
Siang : Nasi, Ungkep daging/tahu, Sayur lodeh, Pepaya
Malam : Nasi , Rempeyek, Tumis kangkung, Pisang
Hari 2
Pagi : Nasi, Dadar telor, Sambel tomat
Siang : Nasi, Rendang, Tumis sawi, Pisang
Malam : Nasi , Sambel Goreng, Tempe/Teri, Jeruk
Tidak ada komentar:
Posting Komentar