Belajar....Berlatih...Amalkan...!!!

Belajar....Berlatih...Amalkan...!!!
Kobarkan Semangat Berlatih WUJUDKAN UNTUK BERKARYA...BERBAKTI...DAN BERPRESTASI

Sabtu, 12 Desember 2009

Hukum Perikemanusiaan Internasional (HPI)

Bidang Studi : Kepalangmerahan
Jenjang : Palang Merah Remaja (PMR)
Tingkat : Madya (SMP)
Bahasan : Hukum Perikemanusiaan Internasional (HPI)
Sub Bahasan : Sejarah dan aturan dasar Hukum Perikemanusiaan Internasional
Waktu : 3 x 45 menit

A. Tujuan Pembelajaran:
1. Mengetahui dua gagasan J. Henry Dunant yang tertang dalam buku ”Memory of Solferino”.
2. Mengetahui dan dapat menyebutkan perangkat utama Hukum Perikemanusiaan Internasional.
3. Menjelaskan aturan dasar Hukum Perikemanusiaan Internasional

B. Media:
1. Poster
2. Film (The Story of an Idea)
3. Transparansi OHP

C. Metode:
1. Ceramah
2. Tanya jawab
3. Pemutaran Film
4. Transparansi OHP

D. Proses Pembelajaran:
Pelatih membuka proses pembelajaran dengan :
1. Memberikan pengantar mengenai materi yang akan disampaikan
2. Melakukan tanya jawab awal (Pretest) untuk mengetahui kemampuan awal peserta didik jika diperlukan

Pelatih menyampaikan materi dengan metode yang sesuai :
1. Pelatih memberikan penjelasan awal mengenai Hukum Perikemanusiaan Internasional (HPI), diantaranya: (Waktu 15 menit, gunakan poster/OHP)
a. Definisi
b. Intisari HPI
c. Istilah
d. Hukum Jenewa dan Hukum Den Haag
2. Pelatih meminta kepada peserta untuk menceritakan kembali tentang :
a. Definisi HPI
b. Dua cabang Hukum HPI
3. Pelatih menjelaskan ”Asal-usul Hukum Perikemanusiaan Internasional” , diantaranya : (waktu 20 menit, gunakan poster/OHP)
a. Dua gagasan J.H. Dunant yang tercantum pada buku ”Memory of Solferino”.
b. Pelopor dari Hukum perikemanusiaan modern
c. Pelatih bertanya kepada peserta :
• Gagasan apa yang disampaikan oleh J. H. Dunant yang ditulis pada buku
• Uraikan gagasan tersebut secara sederhana.
4. Pelatih menjelaskan Aturan Dasar dan prinsip HPI, diantaranya :
a. Prinsip
b. Aturan Dasar
5. Pelatih memberikan pertanyaan kembali mengenai :
a. Prinsip
b. Aturan Dasar
6. Pelatih menjelaskan Konvensi Jenewa dan Protokol Tambahan
a. Konvensi Jenewa 1949
b. Protokol Tambahan 1977
7. Pelatih memutar film ”The Story of An Idea” atau ”Fighting by the Rule” . Setelah selesai, pelatih meminta kepada peserta :
a. Peserta diminta untuk menceritakan kembali secara singkat isi film tersebut sesuai dengan yang mereka tangkap.
b. Tujuan dari dipergunakannya HPI
c. Siapa yang dilindungi HPI.
8. Pelatih menjelaskan Penerapan Hukum Perikemanusiaan Internasional (HPI), diantaranya :
a. Ukuran untuk melaksanakan HPI
b. Peran ICRC dalam menjamin penghormatan terhadap HPI
9. Pelatih menjelaskan mengenai Pelanggaran HPI
a. Kejahatan perang
b. Penuntutan penjahat perdasarkan HPI
10. Pelatih memberikan pengertian bahwa betapa pentingnya HPI untuk mempertahankan harkat dan martabat manusia.
11. Tanya jawab

Catatan :
1. Proses pembelajaran di atas menggunakan bantuan media OHP atau Digital Projector, VCD Player, dan poster.
2. Jika pelatih tidak mempunyai sarana di atas, maka minimal bisa menggunakan media poster dibantu dengan sarana yang tersedia, misalnya ; flipchart, whiteboard, papan tulis, atau yang lainnya sesuai kreasi dari pelatih.

E. Evaluasi dan Pembahasan
1. Menjelaskan dua gagasan J. Henry Dunant yang tertang dalam buku ”Memory of Solferino”.
2. Menyebutkan dan menjelaskan perangkat utama Hukum Perikemanusiaan Internasional.
3. Menyebutkan dan menjelaskan aturan dasar Hukum Perikemanusiaan Internasional

F. Pustaka
1. Buku Panduan Diseminasi Kepalangmerahan dan HPI (Buku Kedua), Bab IV halaman 33 s.d. 58 tentang Hukum Perikemanusiaan Internasional.
2. ---

G. Rangkuman Materi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar