Belajar....Berlatih...Amalkan...!!!

Belajar....Berlatih...Amalkan...!!!
Kobarkan Semangat Berlatih WUJUDKAN UNTUK BERKARYA...BERBAKTI...DAN BERPRESTASI

Sabtu, 12 Desember 2009

Sejarah terbentuknya organisasi PMI dan kegiatannya

Bidang Studi : Kepalang merahan
Jenjang : Palang Merah Remaja (PMR)
Tingkat : Madya (SMP)
Bahasan Organisasi Palang Merah Indonesia
Sub Bahasan : Sejarah terbentuknya organisasi PMI dan kegiatannya.
Waktu
: 2 x 45 menit

A. Tujuan pembelajaran:
1. Menjelaskan sejarah pendirian dan perkembangan Palang Merah Indonesia.
2. Menjelaskan struktur organisasi Palang Merah Indonesia.
3. Menjelaskan peran dan kegiatan Palang Merah Indonesia.

B. Media:
1. Flipchart/board
2. Poster
3. Film tentang Profil PMI

C. Metode:
1. Ceramah
2. Tanya jawab.
3. Pemutaran film Profil PMI
4. Kunjungan ke Markas PMI /Unit layanan PMI

D. Proses Pelaksanaan:
Pelatih membuka proses pembelajaran dengan :
1. Memberikan pengantar mengenai materi yang akan disampaikan
2. Melakukan tanya jawab awal (pretest) jika diperlukan untuk mengetahuan kemampuan awal peserta ajar.

Pelatih menyampaikan materi dengan metode yang sesuai.
1. Pelatih menyampaikan materi sejarah Palang Merah Indonesia, diantaranya:
a. Sejarah pada mulanya mengapa PMI berdiri
b. Kapan berdirinya PMI
c. Siapa tokoh pendiri PMI
2. Pelatih meminta peserta untuk menyebutkan kembali :
a. Kapan tanggal dan tahun berdirinya PMI
b. Tokoh panitia lima
c. Ketua Umum PMI yang pertama
3. Pelatih memutar film profil PMI (kegiatan khas PMI)
4. Pelatih meminta peserta untuk menceritakan kembali isi dari film tersebut.
5. Pelatih memberikan penjelasan mengenai Organisasi PMI, diantaranya :
a. Struktur organisasi dan jaringan PMI
b. Tugas pokok, peran dan kegiatan PMI
6. Sebagai penutup pelatih menyampaikan intisari dari materi yang telah disampaikan.
7. Tanya Jawab

Catatan :
1. Penggunaan media pembelajaran disesuaikan ketersediaan media tersebut beserta alat bantunya. Diantaranya VCD Player dan televisi untuk pemutaran film, serta Over Head Projector untuk presentasi menggunakan slide.
2. Pelatih bisa menggunakan minimal salah satu media pembelajaran (poster, film, dan OHP), namun diharapkan bisa menggunakan gabungan antara media poster dan film.

E. Evaluasi dan Pembahasan
1. Menjelaskan kembali sejarah pendirian dan perkembangan Palang Merah Indonesia.
2. Menjelaskan kembali struktur organisasi Palang Merah Indonesia.
3. Menjelaskan kembali peran dan kegiatan Palang Merah Indonesia.

E. Pustaka
1. Panduan Diseminasi HPI, Bab V halaman 64 – 65 tentang perhimpunan nasional
2. Buku Materi Pendidikikan PMR Madya, PMI 1991
3. __________________

F. Materi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar