Bidang Study : Kepalangmerahan
Jenjang : Palang Merah Remaja (PMR)
Tingkat : Madya (SMP)
Bahasan Gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional
Sub Bahasan :
1. Sejarah Gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional
2. Komponen Gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional serta fungsi dan kegiatannya
Waktu : 2 x 45 menit
A. Tujuan Pembelajaran:
1. Mengetahui sejarah terbentuknya Gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional
2. Mampu menyebutkan riwayat pendiri Komite Internasional Palang Merah (ICRC)
3. Mampu Menyebutkan riwayat pendiri Federasi Internasional Perhimpunan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah (IFRC)
4. Mengetahui dan mampu menyebutkan Komponen Gerakan dan ruang lingkup kerjanya.
B. Media:
1. Film (The Story of an idea)
2. Poster (Lambang Palang Merah dan Sejarah)
3. Transparansi OHP
C. Metode:
1. Cerita
2. Tanya jawab
3. Pemutaran film
B. Proses Pembelajaran:
Pelatih membuka proses pembelajaran dengan :
1. Memberikan pengantar mengenai materi yang akan disampaikan
2. Melakukan tanya jawab awal (Pretest) untuk mengetahui kemampuan awal peserta didik jika diperlukan
Pelatih menyampaikan materi dengan metode yang sesuai.
1. Pelatih menyampaikan materi mengenai ”Sejarah lahirnya Gerakan Palang Merah dan Bulan sabit Merah Internasional, diantaranya :
a. Pertempuran Solferino
b. Henry Dunant
c. Buku Kenangan dari Solferino (gagasan Henry Dunant)
• Komite Internasional untuk pertolongan bagi yang terluka
• Konferesi internasional
d. Komite Lima
e. Pelatih bertanya kepada 2 s.d. 3 peserta mengenai :
• Siapa tokoh pendiri organisasi Palang Merah
• Mengapa Henry Dunant mendirikan organisasi Palang Merah.
3. Pelatih memutar film ”The Story of an Idea” .
4. Pelatih meminta kepada peserta untuk menceritakan kembali secara singkat isi film tersebut.
a. Pelatih memutar film yang sesuai dengan topik.
b. Peserta diminta untuk menonton film secara seksama
c. Peserta diminta untuk menceritakan kembali secara singkat isi film tersebut sesuai dengan yang mereka tangkap.
5. Pelatih memberikan penjelasan mengenai ”Gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional’, diantaranya :
a. Definisi Gerakan
b. Komponen Gerakan
• Komite Internasional Palang Merah (KIPM)
• Perhimpunan Nasional Palang Merah dan Bulan Sabit Merah di seluruh dunia.
• Federasi Internasional Perhimpunan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah.
6. Pelatih memberikan penjelasan mengenai ”Konferensi Internasional Palang Merah” dan Badan-Badan dalam Gerakan, diantaranya :
a. Konferensi Internasional Palang Merah dan Bulan Sabit Merah
b. Peran Konferensi Interansional
c. Badan-badan dalam Gerakan
• Komisi Tetap
• Dewan Delegasi
7. Pelatih memberikan intisari dari penjelasan yang telah disampaikan sebagai penutup.
8. Tanya Jawa / pelatih
Catatan :
1. Proses pembelajaran di atas menggunakan bantuan media OHP atau Digital Projector, VCD Player, dan poster.
2. Jika pelatih tidak mempunyai sarana di atas, maka minimal bisa menggunakan media poster dibantu dengan sarana yang tersedia, misalnya ; flipchart, whiteboard, papan tulis, atau yang lainnya sesuai kreasi dari pelatih.
E. Evaluasi dan Pembahasan
1. Peserta diminta menceritakan kembali mengenai sejarah terbentuknya organisasi palang merah.
2. Mampu menyebutkan riwayat pendiri Komite Internasional Palang Merah (ICRC)
3. Mampu Menyebutkan riwayat pendiri Federasi Internasional Perhimpunan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah (IFRC)
4. Mengetahui dan mampu menyebutkan Komponen Gerakan dan ruang lingkup kerjanya
F. Pustaka
1. Buku Panduan Diseminasi Kepalangmerahan dan HPI (Buku Kedua) Bab I halaman 3 s.d. 11 tentang Gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional. Bab VI halaman 78 s.d. 88 tentang Komite Internasional Palang Merah (ICRC) Bab VII halaman 93 s.d. 101 tentang Federasi Internasional Perhimpunan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional.
2. -----
G. Rangkuman Materi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar