Bidang Study : Kepalang Merahan
Jenjang : Palang Merah Remaja (PMR)
Tingkat : Madya (SMP)
Bahasan Prinsip Dasar Gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah
Internasional
Sub Bahasan :
1. Tujuh Prinsip Dasar
2. Pengertian Tujuh Prinsip Dasar
Waktu : 2 x 45 menit
A. Tujuan Pembelajaran
a. Dapat menyebutkan tujuh Prinsip Dasar Gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah International,
b. Dapat menjelaskan pengertian Tujuh Prinsip Dasar
c. Dapat menyebutkan contoh-contoh aplikasi Tujuh Prinsip Dasar.
B. Media
a. Kertas flipchart dan spidol
b. Gambar (poster),
C. Contoh kasus (contoh : "Panic attack".)
a. Film (Helpman of the Red Cross and Red Crescent)
D. Metode
a. Ceramah
b. Pemutaran Film
c. Studi kasus 7 Prinsip Dasar
d. Pementasan drama yang berisi pesan pengamalan 7 Prinsip Dasar Gerakan.
E. Proses Pembelajaran
Pelatih membuka proses pembelajaran dengan :
1. Memberikan pengantar mengenai materi yang akan disampaikan, diantaranya memperkenalkan Prinsip-prinsip Dasar Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional dan menyebutkan prinsip-prinsip tersebut satu persatu untuk dihapalkan peserta ajar.
2. Melakukan tanya jawab awal (Pretest) untuk mengetahui kemampuan awal peserta didik jika diperlukan. Misalnya apakah peserta ajar sudah mengetahui mengenai Prinsip-prinsip Dasar Gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional.
Pelatih menyampaikan materi dengan metode yang sesuai.
1. Pelatih menyampaikan materi :
a. Melalui metode cerita pelatih menyampaikan materi 7 (tujuh) Prinsip Dasar Gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional meliputi penyebutan, arti, dan makna.
b. Pelatih menunjukkan poster/gambar yang mengilustrasikan 7 (tujuh) Prinsip Dasar Gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional.
c. Pelatih meminta kepada peserta :
• Menyebutkan kembali 7 (tujuh) prinsip dasar gerakan satu persatu.
• Menyebutkan kembali arti dari 7 (tujuh) prinsip dasar gerakan satu persatu
b. Pelatih memberikan penjelasan kembali mengenai perlunya mengetahui 7 (tujuh) Prinsip Dasar Gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional.
2. Pelatih mememutar film ”Helpman” dan meminta peserta untuk memperhatikan dengan seksama.
3. Pelatih meminta kepada peserta untuk menceritakan kembali isi dari film tersebut secara singkat sesuai yang mereka tangkap.
4. Pelatih menjelaskan secara sederhana makna yang dapat diambil dari film tersebut.
5. Pelatih mengajak peserta untuk melakukan permainan, pelatih bisa memilih antara :
a. Bermain peran
b. Bermain cocok.
6. Sebagai penutup pelatih memberikan penjelasan betapa pentingnya kita sebagai anggota PMR untuk mengerti dan dapat melaksanakan Prinsip-prinsip Gerakan dalam kehidupan sehari-hari.
Catatan :
1. Proses pembelajaran di atas menggunakan bantuan media OHP atau Digital Projector, VCD Player, dan poster.
2. Jika pelatih tidak mempunyai sarana di atas, maka minimal bisa menggunakan media poster dibantu dengan sarana yang tersedia, misalnya ; flipchart, whiteboard, papan tulis, atau yang lainnya sesuai kreasi dari pelatih.
A. Evaluasi dan Pembahasan
1. Peserta diminta kembali menyebutkan 7 (tujuh) Prinsip Dasar Gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah secara benar sesuai urutan.
2. Peserta diminta kembali menyebutkan arti dari ke 7 (tujuh) Prinsip Dasar Gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah.
F. Pustaka
1. Panduan Diseminasi Kepalangmerahan dan HPI (Buku Kedua), Bab I halaman 15 s.d. 23 tentang Prinsip-prinsip Dasar Gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional, PMI.
2. Prinsip-Prinsip Dasar Palang Merah dan Bulan Sabit Merah (Terjemahan), ICRC, Jakarta, 2005.
3. Contoh-contoh studi kasus
G. Rangkuman Materi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar