Belajar....Berlatih...Amalkan...!!!

Belajar....Berlatih...Amalkan...!!!
Kobarkan Semangat Berlatih WUJUDKAN UNTUK BERKARYA...BERBAKTI...DAN BERPRESTASI

Sabtu, 12 Desember 2009

Pengenalan dan Arti Lambang Palang Merah dan Bulan Sabit Merah

Bidang Studi : Kepalang Merahan
Jenjang : Palang Merah Remaja (PMR)
Tingkat : Madya (SMP)
Bahasan : Lambang
Sub Bahasan : Pengenalan dan Arti Lambang Palang Merah dan Bulan Sabit
Merah
Waktu : 2 x 45 menit.


A. Tujuan Pembelajaran
1. Peserta mengenal lambang-lambang palang merah dan bulan sabit merah
2. Peserta dapat menceritakan sejarah perkembangan lambang
3. Peserta dapat menjelaskan arti dari lambang
4. Peserta dapat menjelaskan penggunaan lambang

B. Media
1. Flipchart
2. Poster
3. Foto

C. Metode
1. Ceramah
2. Tanya jawab
3. Diskusi

D. Proses Pembelajaran
Pelatih membuka proses pembelajaran dengan :
1. Memberikan pengantar mengenai materi yang akan disampaikan
2. Melakukan tanya jawab awal (Pretest) untuk mengetahui kemampuan awal peserta didik jika diperlukan.

Penyampaikan materi dengan metode yang sesuai.
1. Pelatih menyampaikan materi mengenai sejarah lambang, diantaranya:
a. Ciri lambang
b. Asal-usul mengapa perlu lambang yang sama
c. Adopsi Lambang Palang Merah
d. Alasan pemilihan Lambang Palang Merah
2. Pelatih memperlihatkan beberapa gambar lambang palang merah dan bulan sabit merah kepada peserta ajar. Kemudian, pelatih mengajukan beberapa pertanyaan singkat, diantaranya:
a. Apakah para peserta sudah pernah melihat gambar palang merah atau bulan sabit merah?
b. Apabila pernah, di mana?
c. Apa artinya apabila seseorang atau sebuah objek menggunakan lambang tersebut.
3. Pelatih menjelaskan lambang-lambang perhimpunan nasional yang diakui atau tercantum dalam oleh Konvensi Jenewa 1949.
4. Pelatih menjelaskan tentang fungsi lambang, diantaranya:
a. Perlindungan
b. Pengenal
Berikan contoh melalui poster, photo, dan contoh nyata.
5. Pelatih memberikan penjelasan mengenai penyalahgunaan lambang
a. Peniruan
b. Penggunaan yang tidak tepat
c. Penggunaan yang melanggar ketentuan
6. Pelatih mempersiapkan permainan berupa poster gambar situasi yang mengilustrasikan suasana penanggulangan bencana. Pada poster terdapat gambar yang diantaranya adalah ; tenda, ambulans, gedung sekolah, petugas/relawan, pengungsi, rumah sakit, dan komponen lain yang mendukung situasi penanggulangan bencana.
a. Pelatih menyiapkan model lambang palang merah berbagai ukuran yang terbuat dari spon.
b. Pelatih menempelkan beberapa poster tersebut pada dinding.
c. Pelatih menjelaskan bahwa peserta akan melakukan permainan yang berhubungan dengan lambang. Peraturan permainan tersebut adalah :
• Pelatih membagi peserta menjadi beberapa regu, setiap regu beranggotakan 3 (tiga) orang.
• Pelatih memberikan 9 (sembilan) model lambang berbeda kepada masing-masing regu.
• 3 (tiga) regu (atau lebih) pada jarak tertentu dalam waktu yang bersamaan ditugaskan untuk menempelkan model-model lambang tersebut pada poster yang ditempel pada dinding. Pada saat menempelkan model lambang tersebut harus dilakukan secara bergilir dari setiap anggota regu sehingga setiap peserta mendapat tugas 3 (tiga) kali menempel.
• Evaluasi dari permainanan ini adalah : (1) ketepatan menempelkan lambang pada gambar-gambar yang terdapat pada poster tersebut sesuai materi yang telah disampaikan oleh pelatih sebelumnya. (2) Kecepatan dan kerjasama regu.
a. Pelatih memberikan penjelasan makna dari permainan tersebut.
7. Pelatih menyampaikan intisari dari materi yang telah disampaikan.
8. Tanya jawab

Catatan:
1. Penggunaan media pembelajaran disesuaikan ketersediaan media tersebut beserta alat bantunya. Diantaranya VCD Player dan televisi untuk pemutaran film, serta Over Head Projector untuk presentasi menggunakan transparansi.
2. Pelatih bisa menggunakan minimal salah satu media pembelajaran (poster, film, dan OHP), namun diharapkan bisa menggunakan gabungan antara media poster dan film.

E. Evaluasi dan Pembahasan
1. Peserta diminta untuk menunjukkan kedua lambang palang merah dan bulan sabit merah
2. Peserta diminta untuk menceritakan kembali sejarah perkembangan lambang (dalam tulisan, secara oral atau dalam gambar)
3. Peserta diminta untuk menjelaskan apa arti dari penggunaan lambang oleh objek atau orang
4. Peserta diminta menunjukkan bagaimana penggunaan lambang yang benar dan salah

F. Pustaka
1. Buku Panduan halaman 26 – 31 tentang Lambang
2. Leaflet lambang
3. Cerita sejarah lambang khusus anak-anak
4. Peraturan Penggunaan Lambang Palang Merah dan Bulan Sabit Merah oleh Perhimpunan Nasional (ICRC)

2 komentar:

  1. KUNJUNGI BLOGKU JUGA YA....

    BalasHapus
  2. jangan lupa berkunjung ke blogku ya,, alvinagaul.blogspot.com

    BalasHapus